Erfin Nurfalah Meraih Juara 3 Lomba Menulis Esai Kebudayaan Tingkat Nasional

            Erfin Nurfalah, mahasiswa Pendidikan Fisika UIN SGD Bandung, meraih peringkat ke-3 dalam perlombaan menulis esai kebudayaan tingkat nasional yang diselenggarakan pada tanggal 19-21 Desember 2018 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Pagelaran Budaya Mooi Indie yang diadakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah.

            Pada perlombaan ini, Erfin menulis esai yang berjudul “Implementasi Budaya dalam Pendidikan Berbasis Kebudayaan di Era Industri 4.0”. Ia berpendapat bahwa kita sebagai generasi muda harus membumikan literasi serta menjaga budaya lokal sebagai identitas bangsa, karena budaya bukanlah suatu hambatan di tatanan dunia modern, melainkan perlu adanya perubahan agar tetap relevan dengan masa kini.

            Sebelumnya, mahasiswa yang berasal dari Cikalongwetan, Bandung Barat ini sempat menjuarai kompetisi Mojang Jajaka Pendidikan Fisika 2018. Berangkat dari pengalaman tersebut, ia pun termotivasi untuk mengikuti lomba menulis esai yang kebetulan tema yang diberikan hampir sama, yaitu tentang kebudayaan, sehingga ia langsung berniat untuk mengikuti lomba tersebut.

            Meskipun sempat digelumuti rasa malas, namun Erfin tetap bertekad untuk menyelesaikan penulisan karyanya tersebut hingga akhirnya ia pun dapat meraih juara ketiga. “Inspirasinya  berangkat dari program-program pemerintah seperti Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jabar) dan Pak Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta) yang mengaitkan antara pendidikan dan kebudayaan”, kata Erfin.

            Selain mendapat juara tersebut, Erfin pun pernah mendapatkan beberapan penghargaan, diantaranya penghargaan sebagai Pendamping Pembina Pramuka tingkat Jawa Barat dan ia pun mendapat predikat Garuda saat menjadi peserta KMD Jabar. Selain itu, ternyata ia pun mengikuti beberapa organisasi di dalam maupun di luar kampus.

            Erfin pun berpesan kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa Pendidikan Fisika UIN SGD Bandung, “Manfaatkan masa muda dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Jangan menjadi apatis, sebab kuliah itu merupakan ajang mencari pengalaman yang nantinya akan bermanfaat di kemudian hari, ‘Student today, leader tomorrow’”, kata Erfin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *