SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2019 : “Edukasi-Sains Era Revolusi Industri 4.0”

Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal sebagai pemateri (batik hijau) ditemani oleh Dindin Nasrudin, M.Pd. sebagai Moderator (batik hitam)

Bandung – Minggu, 24 November 2019 Pendidikan Fisika kembali memperingati Milangkala Pendidikan Fisika ke-21 dengan semaraknya Gebyar Fisika Eureka (GFE) 2019. Kegiatan ini bertemakan “Optimalisasi Peran Generasi Milenial Melalui Implementasi Nilai-Nilai Edukasi dan Sosio Sains Menuju Indonesia Emas 2045”. Acara tersebut digelar di Aula Abdjan Soelaeman.

Seminar Nasional  Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (Senapfa) menjadi salah satu rangkaian acara puncak daris erangkaian acara Gebyar Fisika Eureka 2019. Materi  “Edukasi-Sains Era Revolusi Industri 4.0” menjadi topik yang dibahas dalam seminar ini. Hadir pula Ketua Physical Society Of Indonesia (PSI), Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal sebagai pemateri ditemani oleh Dindin Nasrudin, M.Pd. sebagai Moderator

Dalam pemaparannya, ia menjelaskan secara rinci mengenai bagaimana perkembangan revolusi industri. Dari yang pertama (1.0) hingga revolusi industri 4.0 dengan penemuan-penemuan termutakhir.

Prof. Djamal menekankan, di era revolusi industri pola pendidikan yang dibangun pendidik tidak dapat menggunakan pola sama dengan yang diajarkan saat dulu mereka sekolah. Hal tersebut karena pemikiran manusia selalu berkembang secara dinamis. Menurutnya, pameo yang menyatakan “guru selalu benar” sudah tidak zaman lagi dengan alasan saat ini semua hal dapat dicari dengan melalui internet.

“Tidak ada pendidik yang statis karena ilmu terus berkembang. Sekarang sumber ilmu tidak hanya dari dosen, tapi darimana saja,” tuturnya

Prof. Djamal menambahkan lima kompetensi 5C++ pada saat pembawaan materi sebagai  pola pendidikan yang tepat di era revolusi 4.0 ini. Lima kompetensi tersebut adalah creativecritical, competitive, colaborative, dan cooperatif serta kemungkinan kompetensi lainnya yang akan muncul seiring dengan perkembangan pola pikir manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *