Webinar “Literasi dan Asesmen” Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Senin, 5 Oktober 2020 Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan Webinar melalui Zoom Meeting dan Live Youtube Streaming. Kegitatan Webinar ini bertemakan “Literasi dan Asesmen” dan merupakan Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat yang kedua kalinya dilaksanakan secara virtual oleh Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr.Hj. Aan Hasanah, M.Ed. dalam sambutanya ia mengatakan bahwa adanya pandemi covid-19 ini khususnya bagi pendidik memunculkan beberapa tantangan terutama dalam hal literasi dan asesmen. “Kita tahu beberapa tantangan yang sedang kita hadapi membutuhkan berbagai macam bentuk literasi, sehingga kita harus senantiasa mengembangkan kemampuan dan skill literasi untuk tetap bisa beradaptasi, kegiatan ini menjadi momentum yang tepat ditengah pandemi seperti ini sehingga diharapkan membuka wawasan dan cakrawala baru kita” ungkapnya.

Narasumber Webinar ini merupakan Dosen Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dipandu oleh 2 moderator yang juga merupakan Dosen Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung yakni Diah Mulhayatiah, M.Pd. dan Endah Kurnia Y., M.Pfis. Kegiatan dilakukan secara pararel oleh setiap narasumber dengan masing-masing membawa materi mengenai asesmen ataupun literasi, rinciannya yaitu :

 1.    Dr. H Chaerul Rochman,M.Pd   “Literasi Manajeman Pengetahuan”

2.    Dr. Wahyuni Handayani,S.Si,M.T   “ Literasi Sains”

3.    Dr. Adam Malik,M.Pd “Asesmen Kinerja”

4.    Drs. Yudi Dirgantara,M.Pd  “ Assesmen Portofolio”

5.    Dindin Nasrudin,M.Pd “Asesmen Literasi vs Literasi Asesmen”

Kegiatan berlangsung selama 3.30 menit dimana setiap narasumber menyampaikan materi setiap 30 menit. Peserta webinar terdiri dari unsur Mahasiwa, Guru, Alumni dan Dosen baik internal maupun eksternal. Dr. Adam Malik, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika mengatakan bahwa webinar ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan secara simultan “Bulan Oktober ini kami mengambil tema Literasi dan Asesmen, untuk kedepanya kami akan megadakan kembali webinar dengan mengambil tema yang berbeda” pungkasnya.

Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tengah memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Webinar “Literasi dan Asesmen” Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Peserta Webinar “Literasi dan Asesmen” Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *