Pelatihan Essay Nasional COPER berkolaborasi dengan Pondok Inspirasi

Club of Physics Education Research (COPER) UIN Bandung bersama Yayasan Pondok Inspirasi mengadakan pelatihan Essay Gratis yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika bersama Dengan Pemimpin.id dengan tema “How to Create Essay for Competition”  yang diadakan secara virtual melalui Zoom Meetings pada Sabtu,19 Desember 2020,dengan dihadiri oleh 596 Partisipasipan dari berbagai kalangan.

Partisipan didominasi oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini berisi kegiatan Talkshow bersama tiga mahasiswa berprestasi yaitu Thabed Tholib Baladraf (Universitas Jember), Roy Hanuddin (UIN Bandung) dan Erfin Nurfalah (UIN Bandung) dengan latar belakang prestasi baik nasional maupun internasional dalam bidang kepenulisan Essay Ilmiah,maupun Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Kegiatan pelatihan Essay dilakukan bersama Founder Yayasan Pondok Inspirasi, Rico Juni Artanto yang memberikan pelatihan dengan sangat baik dan berkesan bagi peserta pelatihan Essay. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh urgensi dari skill kepenulisan ilmiah yang harus dimiliki oleh mahasiswa,sehingga dengan demikian mahasiswa di Indonesia mampu menjadi Inovator muda yang mampu berkarya untuk negeri.

Berawal dari sebuah ide untuk kemudian diselesaikan menjadi sebuah solusi dan berani untuk berkontribusi dan berkarya nyata dan tetap berani mencoba.Selain itu dengan Semangat #lanjutTerusBro yang juga menghadirkan Kahf sebagai media partner menambah semangat para peserta untuk aktif dan kegiatan menjadi interaktif.Pemateri pelatihan Essay dan Talkshow Inspiratif menegaskan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk aktif membuat karya selagi masih muda dan memiliki banyak kesempatan.

Kak Rico, begitulah beliau akrab disapa, mengungkapkan bahwa “mau bisa menulis ilmiah gampang, hanya butuh kemauan dan kesabaran. ukuran nya bukan juara,tapi Proses”. Sejatinya segala hal patut untuk dicoba dan diupayakan terlebih dahulu, dimana ada kemauan disana ada jalan.

Salah satu partisipan penulisan Essay yaitu Vithya Fitri menyampaikan kesannya “Pelatihan Essay COPER menambah insight dan ilmu baru yang sangat bermanfaat dan menambah semangat dalam menulis”,jelasnya.Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan seputar penulisan essay dan mampu menjadikan penulis muda berkarya bagi bangsa.

Dokumentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *