SMTR |
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
DOSEN PENGAMPU |
MATERI POKOK |
PRASYARAT |
1 |
1 |
FTK20001 |
ILMU PENDIDIKAN |
2 |
Dr. H. Chaerul Rochman, M.Pd
Dindin Nasrudin M.Pd
|
Rincian Topik :
a. Pengantar ilmu pendidikan
b. Ruang ilmu pendidikan
c. Arti,tugas,fungsi dan tujuan pendidikan
d. Standar Pendidikan Nasional Indonesia
e. Pendidik dan tenaga kependidikan
f. Peserta didik
g. Kurikulum pendidikan
h. Pengelolaan pendidikan
i. Sarana dan prasarana pendidikan
j. Lembaga pendidikan
k. Mutu pendidikan
l. Penilaian dan evaluasi pendidikan
m. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0
|
– |
|
2 |
MKU20701 |
KALKULUS |
3 |
Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
Herni Yuniarti Suhendi S.Pd., M.Pd
|
Rincian Topik :
a. Fungsi: penggambaran fungsi, jenis fungsi (genap/ganjil, eksponensial, trigomnometri, logaritma, invers, dan lain-lain), grafik.
b. Limit: hukum limit teorema limit, kekontinuan fungsi.
c. Turunan: aturan pencarian turunan, aturan rantai dan notasi Leibnisz ; turunan tingkat tinggi, pendeferensialan implisit.
d. Integral: integral tentu, integral taktentu, aturan penentuan integral, teknik integral.
|
|
3 |
MKU20702 |
PENGENALAN ALAT UKUR |
2 |
Wahyu Handayani, MT.
Winda Setya, M.Sc
|
Rincian topik :
a. Mengenal alat ukur massa
b. Alat ukur panjang
c. Alat ukur waktu
d. Alat ukur temperatur
e. Galvanometer
f. Amperemeter DC dan Voltmeter DC
g. Multimeter analog dan multimeter digital
h. Osiloskop
i. Sumber arus dan sumber tegangan AC dan DC
j. Pengukuran dan kesalahan dalam pengukuran
k. Sistem-sistem satuan
l. Standar pengukuran
m. Skala,peredaman, ketelitian dan perluasan batas ukur
|
|
4 |
MKU20703 |
FISIKA DASAR I |
3 |
Wahyu Handayani, MT.
Rena Denya Agustina, M.Si.
|
Rincian Topik :
Mekanika newton
Ruang dan waktu (konsep ruang waktu newton dan galileo),
a. Besaran-besaran dasar gerak :
kerangka acuan, posisi,perpindahan,jarak tempuh ( panjang lintasan), kecepatan linear ( rata-rata dan sesaat), percepatan linear ( rata-rata dan sesaat), kecepatan sudut ( rata-rata dan sesaat) dan percepatan sudut ( rata-rata dan sesaat )
b. Jenis-jenis gerak: gerak pada garis lurus, gerak pada bidang, gerak dalam ruang, gerak relatif (posisi dan kecepatan relatif)
c. Analisis gerak sebuah partikel dalam koordinat lengkung (polar, bola, silinder)
d. Hukum newton tentang gerak: hukum newton tentang gerak, kerangka acuan inersia, massa inersia dan massa gravitasi, gaya dan momentum, torka dan momentum sudut (terhadap pusat koordinat dan titik lain), dan hukum newton untuk gerak rotasi
e. Penerapan hukum newton tentang gerak: keseimbangan benda titik, gaya bergantung pada waktu (misal: gaya impuls), gaya bergantung pada posisi (misal: gaya pemulih, gaya gravitasi), gaya bergantung pada kecepatan (misal: gaya stokes, drag force), dan kombinasinya (misal: gaya pegas dan gesekan)
f. Konsep kerja dan energi, teorema kerja-energi kinetik, gaya konservatif dan energi potensial, hukum kekekalan/ kelestarian/ konservasi energi, dan penerapannya
g. Hukum newton tentang gravitasi: gravitasi pada sistem benda titik dan benda kontinyu, energi potensial gravitasi
|
|
5 |
MKU20704 |
PRAKTIKUM FISIKA DASAR I |
1 |
Wahyu Handayani, MT.
Rena Denya Agustina, M.Si.
|
|
6 |
UIN05201 |
BAHASA ARAB |
2 |
Dr. Koko Abdul Kodir M.Ag |
Rincian Topik :
- Perkenalan dan Ism isyarah
- Alamat dan pembagian Ism
- Ism Maushul
- Fi’il Madhi
- Fi’il Mudhari
- Fi’il Amr
- Fi’il Nahyi
- Huruf istifham
- Dhomir Muttasil
- Mudzakar Muannats
- Dhomir lil Milki
- Huruf Jar
|
|
7 |
UIN05202 |
BAHASA INGGRIS |
2 |
Dr. Cucu Rokanda M.M.Pd
Leny Saili Rahmah, M.Hum
|
Rincian tTopik :
- Menguasai speaking skills yang terkait topik “ How to talk about The People in Your Life’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Talk about Greetin Customs’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How to Explain Who People Are
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Talk your school day ’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Talk about your achievement’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How to offer Hospitality’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To say how you fell about things’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Talk about music’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To compare and discuss preferences’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How ToExplain What a Film is about’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Talk about Countries and Goverments
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Talk about stories in News’
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Report What People Said
- Memahami kosakata, struktur bahasa dan mampu berbicara bahasa Inggris terkait topik ‘ How To Report an Interview’
|
|
8 |
UIN05208 |
SEJARAH PERADABAN ISLAM |
2 |
Dr. Dian, M.Ag |
Rincian Topik :
- Pengertian sejarah dan ruang lingkup sejarah sebagai ilmu dan peletakan dasar dasar pengkajian sejarah peraban islam
- Perdaban islam Rasulullah Periode Mekkah (610-622 M)
- Perdaban islam Rasulullah Periode Mekkah (622-632 M)
- Periode Khulafaur Rasydin ( 632-661 M )
- Dinasti Umayyah (661-750 M)
- Dinasti Abbasiyah ( 750-1258 M)
- Islam di Andalusia ( Spanyol )
- Tiga kerajaan besar ( Turki Ismani,Dinasti Safawi Persia dab Dinasti Mugal )
- Peradaban Islam Asia Tenggara
- Peran Walisongo dalam Peradaban Islam Indonesia
- Peradaban islam di Indonesia Pra Kemerdekaan
- Peradaban islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan
|
|
9 |
UIN05209 |
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN |
2 |
Dr. A Haris Hermawan M.Ag |
Rincian Topik :
- Identitas nasional
- Hubungan negara dan warga negara
- Hubungan pemerintah sipil dan militer
- Pancasila ( histo,histio,yuridis)
- Konstitusi
- Agama dan negara
- HAM
- Masyarakat Madani
- Demokrasi
- Otonomi daerah
- Kepemimpinan
|
|
10 |
UIN05210 |
BAHASA INDONESIA |
2 |
Dra. Hj. Enung K. Rukiati M.Pd
Endah Istikomah Apriliani, M.Hum
|
Rincian Topik :
- Sejarah singkat Bahasa Indonesia
- Ejaan Bahasa Indonesia
- Diksi atau pilihan kata
- Tata kalimat
- Kalimat efektif
- Ketidakefektifan kalimat
- Paragraf
- Menuangkan gagasan dan mengembangkan topik karangan
- Karangan
- Konveksi naskah
- Karya ilmiah
- Laporan dan skripsi
- Penerapan keterampilan berbahasa pada tataran praktis
|
|
2 |
11 |
UIN05203 |
ULUMUL QURAN |
2 |
Dr. Heri Khoiruddin, M.Ag. |
Rincian Topik :
- Pendahuluan ( pengertian,ruang lingkup,cara mempelajari dan dalil untuk mempelajari Al-qur’an
- Bahasa Al-qur’an
- Muhkam dan Mutasyabih
- Kronologis turunnya Al-qur’an
- Sebab-sebab turunnya Al-qur’an
- Munasabah Al-qur’an
- Kemukjizatan Al-qur’an
- Rasm Al-qur’an
- Qira’at Al-qur’an
- Terjemah Al-qur’an
- Tafsir Al-qur’an
- Ayat-ayat Sains
|
|
|
12 |
UIN05204 |
ULUMUL HADITS |
2 |
Drs. Asep Herdi, M.Ag. |
Rincian Topik :
- Ilmu Musthalah Hadist
- Ilmu riwayah dan kaidah periwayatan
- Tabaqot ruwat
- Keadilan sahabat,Tabi’in dan Tabi’in al-Tabi’in
- Majelis hadist
- Ilmu dirayah dan kaidah penerapannya
- Kriteria hadist shahih
- Derajat-derajat keshahihan hadist
- Hadist hasan dan pembagiannya
- Kriteria kedhoif’an hadist
- Macam-macam hadist dhaif
- Macam-macam hadist maudhu’
|
|
13 |
UIN05205 |
ILMU TAUHID |
2 |
Dr. Karman, M.Ag
Dr. Momon, M.Ag.
|
Rincian Topik :
- Aliran Syi’ah
- Aliran Khawarij
- Aliran Murji’ah
- Aliran Qodariyah
- Aliran Jabariyah
- Aliran Muktaziah
- Pengertian,nama dan manfaat ilmu tauhid
- Hal-hal yang mendukung naik turunnya iman
- Macam-macam tauhid ( uluhiyyah, rubbubiyyah,asma wa shifat )
- Karakteristik akidah islam
- Ma’rifatullah
- Haqiqah iman wa Tsamratuhu
- Syahadad tauhid
- Ma yunafi al-tauhid
- Al-wa’ala wa al-bara’
|
|
14 |
FTK20002 |
FILSAFAT PENDIDIKAN |
2 |
Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag.
M. Minan Chusni, S.Pd., M.Pd.Si.
|
Rincian Topik :
a. Pengantar filsafat pendidikan
b. Keberadaan dan hakikat diri manusia sebagai makhluk alamiah dan sosial
c. Kebutuhan dan pola hubungan antar manusia sebagai insan pendidikan
d. Arti filsafat dan makna pendidikan
e. Pendekatan filsafat dalam pendidikan
f. Pandangan esensialisme dalam pendidikan
g. Pandangan pherenialisme dalam pendidikan
h. Teori pengetahun dan nilai
i. Pengembangan nilai untuk pendidikan manusia seutuhnya
j. Pendidikan sebagai pelestarian nilai dan perubahan sosial
k. Pendidikan sebagai hak dan kewajiban semua warga negara
l. Peningkatan kesempatan dan mutu pendidikan yang adil bagi semua warga negara.
m. Pendidikan individu dan pendidikan masyarakat
n. Problematika pendidikan dalam reformasi dan konsepsi pendidikan Indonesia masa depan
|
|
15 |
MKU20705 |
FISIKA DASAR II |
3 |
Dr. H. Chaerul Rochman M.Pd
Ea Cahya Septia Mahen, S.Pd., M.Si.
|
Rincian Topik :
a. Dasar eksperimen hukum Coulomb, hukum Coulomb, medan listrik statis partikel titik, medan listrik statis distribusi muatan, rapat muatan.
b. Sumber medan listrik, potensial listrik, garis-garis gaya listrik statis, persamaan poisson dan persamaan laplace, dipol listrik,
c. Konduktor dan sifat-sifat listriknya., kondensator dan kapasitansi,
d. Elektrostatika dalam bahan, arus listrik dan rapat arus listrik, persamaan kontinyuitas,
e. Dasar-dasar eksperimen magnet statis, induksi magnetik, gerak partikel bermuatan dalam medan magnet,
f. Persamaan medan magnet stasioner, potensial vektor, hukum faraday, dipol magnet, dan medan yang dihasilkannya,
g. Kemagnetan bahan, permeabilitas, magnetisasi, suseptibilitas,
h. Persamaan maxwell, gelombang elektroma gnetik, relativitas khusus, perumusan kovarian persamaan maxwell,
|
-Fisika dasar I |
16 |
MKU20706 |
PRAKTIKUM FISIKA DASAR II |
1 |
Dr. H. Chaerul Rochman M.Pd
Ea Cahya Septia Mahen, S.Pd., M.Si.
|
|
17 |
MKU20707 |
PENGELOLAAN LABORATORIUM |
2 |
Drs. Yudi Dirgantara, M.Pd. |
Rincian Topik :
Pengelolaan sumber daya siswa
a. Pengelolaan sumber daya siswa
b. Kesulitan belajar siswa
c. Pengelolaan kelas dan implementasi dalam pembelajaran fisika
|
|
18 |
MKU20708 |
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN FISIKA |
3 |
Drs. Yudi Dirgantara, M.Pd.
M. Minan Chusni, S.Pd., M.Pd.Si.
|
Rincian Topik
a. Karakteristik teori belajar behavioristik
b. Karakteristik teori belajar kognitivistik
c. Karakteristik teori belajar kontstruktivistik
d. Karakteristik teori belajar social
e. Karakteristik teori belajar humanistik
|
|
19 |
UIN05206 |
ILMU FIQIH |
2 |
Dr. Andewi Suhartini, M.Ag |
Rincian Topik :
- Mengenal usul fiqih
- Sumber hukum islam
- Hukum syara’
- Istinbath dan istidlal
- Taqlid, Ittiba’,Talfiq dan Tarjih
- Kaidah Ushuliyah dan kaidah Fiqhiyah
- Thaharoh
- Sholat
- Puasa
- Zakat
- Haji dan Umrah
|
|
20 |
UIN05207 |
ILMU AKHLAK |
2 |
Dr. Hj. Qiqi Yuliati Zakiyah, M.Ag.
Eep Shafwana Nurdin, M.Ag.
|
Rincian Topik :
- Konsep dasar ajaran islam
- Mengenal alqur’an
- Ilmu kalam, tauhid dan ushuluddin
- Akidah islam
- Ma’rifatulllah dan Tauhid
- Ihsan
- Teologis islam
- Konsep risalah
- Rukun islam
- Tasawuf
|
|
3 |
21 |
FTK20004 |
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK |
2 |
Drs. H Idad Suhada M.Pd. |
Rincian Topik :
a. Teori perkembangan peserta didik dan implikasinya pada pembelajaran fisika
b. Karakteristik dan tugas-tugas perkembangan pada tahap-tahap perkembangan peserta didik mulai dari masa kanak-kanak sampai remaja
c. Contoh permasalahan dalam pemenuhan tugas perkembangan peserta didik
d. Implikasi tahap perkembangan peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan
|
|
|
22 |
FTK20007 |
STATISTIKA PENDIDIKAN |
2 |
Diah Mulhayatiah M.Pd. |
Rincian Topik :
Rancangan penelitian pendidikan fisika :
desain, subyek/populasi/sampel penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data sesuai ragam metode penelitian eksperimen, ptk, dan r & d
|
|
23 |
MKU20709 |
PENDALAMAN FISIKA SEKOLAH 1 |
2 |
Drs. Yudi Dirgantara M.Pd. |
Rincian Topik :
a. Fungsi kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
b. Rancangan dan desain laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
c. Administrasi dan organisasi laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
d. Kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium
e. Pengembangan kegiatan dan perangkat praktikum fisika
|
|
24 |
MKU20710 |
FISIKA MATEMATIKA I |
3 |
Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
Rena Denya Agustina, M.Si.
|
Rincian Topik :
a. Operasi Matrik: penjumlahan, perkalian, transpose, determinan, invers, matrik khusus, matrik orthogonal, nilai eigen.
b. Bilangan kompleks: aljabar bilangan kompleks, rumus Euler, fungsi eksponen, fungsi hiperbolik, invers tirgonometri dan hiperbolik, akar dan pangkat kompleks,
c. Fungsi Bilangan Kompleks: fungsi analitik, integral kontur, deret Laurent, teorema residu dan cara menemukannya, pemetaan konformal.
d. Deret: deret tak hingga, deret pangkat, tes konvergensi dan wilayah konvergensi deret, ekspansi fungsi ke dalam deret pangkat, deret fourier
e. Aljabar dan fungsi kompleks, fungsi analitik, integral lintasan, deret laurent, teknik residu, pemetaan konformal.
f. Persamaan diferensial biasa (pdb): solusi pdb (pemisahan variabel, ekspansi deret pd bessel dan pd legendre), pd nonhomogen,
g. Persamaan diferensial parsial (pdp): persamaan gelombang, persamaan laplace dan poisson, persamaan perambatan kalor dan difusi, solusi menggunakan metode pemisahan variabel
|
|
25 |
MKU20711 |
ELEKTRONIKA DASAR |
3 |
Wahyu Handayani, MT. |
Rincian Topik :
a. Rangkaian DC, sumber arus, sumber tegangan, rangakaian setara thevenin, rangkaian setara northon dan rangkaia AC.
b. Semikonduktor, sambungan pn, dioda, penyearah gelombang, catu daya dc, dioda zener,
c. Transistor bipolar, karakteristik transistor, garis beban ac dan dc, transistor sebagai penguat tegangan kecil, mosfet, saklar transistor, multivibrator, bistabil, astabil, monostabil.
d. Filter: filter pasif, respon amplitudo, respon fasa, plot bode, tapis lolos rendah, tapis, lolos tinggi, penguat inverting, penguat non inverting, penguat jumlah, penguat arus, penguat daya, penentuan efisiensi suatu penguat,
e. teori rangkaian digital: and, or, not, nand, nor, xor.
f. Alat ukur dasar: pengukur arus, tegangan, hambatan.
|
|
26 |
MKU20712 |
EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA |
3 |
Dr H Chaerul Rochman M.Pd
Dindin Nasrudin M.Pd
|
Rincian Topik :
a. Taksonomy bloom yang mencakup dimensi proses kognitif dan dimensi pengatahuan
b. Ragam kemampuan berpikir tingkat dasar dan berpikir tingkat tinggi berdasarkan berbagai sumber, seperti ennis, marzano, guildford
c. Ragam kemampuan menemukan dan memecahkan permasalahan sesuai konteks materi fisika dan pembelajaran fisika
–
a. Keterampilan-keterampilan mengajar dalam pembelajaran fisika (keteram pilan membuka dan menutup pelaja ran, bertanya, menjelaskan, memberi penguatan, mengadakan variasi, men -gelola kelas, memimpin diskusi kelompok kecil, mengajar kelompok kecil dan perorangan)
–
a. Ragam metode-metode pembela jaran fisika, pendekatan-pendekatan pembelajaran fisika, dan model-model pembelajaran dalam fisika beserta implementasinya dalam pembelajaran fisika.
–
a. Model pembelajaran berbasis aktivitas dengan scientific approach yang meliputi pembelajaran inkuiri, problem based learning, discovery learning, project based learning, dan cooperative learning.
|
|
27 |
MKU20713 |
KURIKULUM DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN FISIKA |
3 |
Drs Yudi Dirgantara M.Pd |
Rincian Topik :
a. Penyusunan perangkat pembelajaran fisika sekolah: silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian
b. Perkembangan kurikulum fisika sekolah, kurikulum fisika sekolah, karakteristik, struktur dan kerangka kurikulum fisika sekolah
c. Karakteristik dan isi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah
d. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, fungsi, tujuan, cakupan dan kedalaman kajian materi
|
|
28 |
MKP20701 |
KIMIA DASAR |
2 |
Nayla Haraswati Arifin M.Si
Riri Aisyah M.Pd
|
Rincian Topik :
a. Pengantar stoikiometri :
Hukum-hukum dasar, teori atom dan skala massa atomik, massa atom relatif, massa molekul relatif, kkonsep mol bil Avogadro, persamaan reaksi Fisika dan rumus senyawa
b. Energetika Fisika: persamaan termoFisika, entalpi reaksi, pengukuran antalpi reaksi, pengukuran entalpi reaksi, faktor yang mempengaruh entalpi, entalpi standar, energi ikatan, entalpi pengionan, entalpi kristal, reaksi spontan.
c. Sistem periodik: sistem periodik, penggolongan unsur, sifat periodik unsur, penyimpangan sifat periodik;
d. Ikatan Fisika dan geometri molekul: ikatan ionik, energi ikatan dan energi disosiasi, sifat senyawa ionik, ikatan kovalen, kekuatan ikatan, struktur resonansi, ikatan kovalen koordinasi, kepolaran molekul, geometri molekul dan dasar-dasar kristalografi
e. Kesetimbangan Fisika : keadaan kesetimbangan, kesetimbangan heterogen, dissosiasi, derajad dissosiasi, prinsip le chatelier, azas kesetimbangan dalam industri.
|
|
29 |
MKP20702 |
Biologi Umum |
2 |
Meti Puspitah M.Pd
Mila Listiawati M.Pd
|
Rincian Topik :
a. Senyawa Kimiawi kehidupan,; struktur sel dan jaringan pada hewan dan tumbuhan;
b. Metabolisme; organisasi tubuh makhluk hidup, dasar-dasar genetika dan teknologinya
c. Pengantar ekologi; anatomi fisiologi manusia dan hewan yang membahas tentang gejala fisik dan mekanismenya, meliputi sistem pencernaan makanan, respirasi, sirkulasi, reproduksi, ekskresi, koordinasi, indra dan gerak.
|
|
4 |
30 |
FTK20003 |
BIMBINGAN KONSELING |
2 |
Dr.Aam Kurnia, M.Pd.
Dindin Nasruddin, S.Pd., M.Pd.
|
Rincian Topik :
- Konsep bimbingan dan konseling
- Fungsi dan pendekatan bimbingan konseling
- Landasan bimbingan dan konseling
- Strategi bimbingan dan konseling
- Jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling
- Pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling
- Dasar-dasar pemahaman peserta didik
- Diagnostik dan remedial teaching
- Bimbingan peserta didik (SD-SMA)
|
|
|
31 |
FTK20005 |
PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN GURU |
2 |
Drs. Yudi Dirgantara, M.Pd |
Rincian Topik :
- Teori Kepribadian Kuno
- Teori Kepribadian Sigmund Freud
- Teori Kepribadian Karen Horney
- Teori Kepribadian Abraham Moslow Dan Karl Roger
- Teori Kepribadian Karl Gustave Jung
- Teori Kepribadian Menurut Tokoh-Tokoh Islam
- Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepribadian
- Jenis-Jenis Aliran Teori Kepribadian
- Tipologi Kepribadian
- Kompetensi Kepribadian Guru
- Kode Etik Guru
- Pengembangan Profesi Guru
|
|
32 |
FTK20006 |
PENGELOLAAN PENDIDIKAN |
2 |
Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
|
Rincian Topik:
- Penelitian Dan Pengembangan Profesi
- Supervisi Dan Inovasi Pendidikan Ipa
- Manajemen Mutu Terpadu
- Perkembangan Kurikulum Pendidikan IPA
- Kendala Dalam Pendekatan Sistem
- Konten Akademmik Dalam Pengembangan Program Pendidikan IPA
- Pengetahuan Profesional Guru
- Pedagogi Materi Subjek
|
|
33 |
MKU20714 |
FISIKA MATEMATIKA II |
3 |
Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
Herni Yuniarti Suhendi, S.Pd., M.Pd
|
Rincian Topik :
a. Transformasi integral: transformasi laplace, transformasi fourier, konvolusi, fungsi green, solusi pd dengan transformasi; persamaan integral.
b. Sistem persamaan linier, matriks, determ -inan, penjumlahan dan perkalian vektor, medan skalar, medan vektor, gradien, divergensi, rotasi, teorema green, teorema gauss, teorema stokes; transformasi linier, transformasi ortogonal, masalah nilai eigen, diagonalisasi; transformasi koordinat, koordinat kurvilinier, tensor cartesian, tensor sferis.
c. Fungsi gamma, fungsi beta, fungsi error, integral eliptik, fungsi ortogonal, fungsi bessel, fungsi legendre, relasi rekursi, deret legendre, fungsi hermitte, fungsi laguerre;
d. Kalkulus variasi: persamaan euler, persamaan lagrange
e. Definisi probabilitas, ruang sampel, metode penghitungan, peubah acak, distribusi kontinu, distribusi binomial, distribusi normal (gauss), distribusi poisson.
|
FISIKA MATEMATIKA I |
34 |
MKU20715 |
LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH LANJUTAN 1 |
3 |
Dr.Adam Malik, M.Pd |
Rincian Topik :
a. Fungsi kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
b. Administrasi dan organisasi laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
c. Kesehatan, keamanan dan kesela -matan kerja di laboratoriu
d. Pengembangan kegiatan dan perangkat praktikum fisika
|
|
35 |
MKU20716 |
MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA |
2 |
Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
|
Rincian Topik :
a. Konsep dasar TIK
b. Terminologi dan konsep mutimedia,
c. Objek dalam aplikasi animasi dan simulasi dalam bentuk teks, grafik, dan gambar.
d. Jenis-jenis paket aplikasi multimedia,
e. Presentasi dan hypermedia, audio dan video, media berbasis web : e-learning
–
a. Teori dan filosofi media pembelajaran fisika berbasis lingkungan
b. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran fisika
c. Rancangan media pembelajaran berbasis lingkungan
d. Penggunaan media dalam pembelajaran fisika (real dan peer teaching)
–
Merancang media pembelajaran fisika berbasis lingkungan sekitar
|
|
36 |
MKU20717 |
TERMODINAMIKA |
3 |
Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini S.Pd., M.M.Pd., M.Si |
Rincian Topik :
a. Sistem termodinamika, besaran keadaan (temperatur, tekanan, volume), fase dan perubahan fase (padat, cair, dan gas)
b. Hukum ke nol termodinamika
c. Gas ideal: persamaan keadaan, kalor dan kapasitas kalor, kalor jenis, persamaan keadaan gas real
d. Hukum pertama termodinamika
e. Hukum kedua termodinamika: entropi, prinsip entropi maksimum, proses carnot
f. Entropi dan energi sebagai potensial termodinamik, transformasi legendre, energi, bebas, entalpi
g. Relasi maxwell, ruang fase, statistik molekul-molekul (bose-eisntein, fermi-dirac, maxwell-boltzmann), fungsi distribusi, definisi entropi secara statistic, teori ensemble dan ensemble microkanonis, ensemble kanonis
h. Teori kinetik gas ideal, tekanan, kerja, dan potensial kimia
|
|
37 |
MKU20718 |
PENDALAMAN FISIKA SEKOLAH 2 |
3 |
Dr.Adam Malik, M.Pd
Dindin Nasrudin M.Pd
|
Rincian Topik :
a. Fungsi kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
b. Rancangan dan desain laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
c. Administrasi dan organisasi laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
d. Kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium
e. Pengembangan kegiatan dan perangkat praktikum fisika
|
PENDALAMAN FISIKA SEKOLAH I |
5 |
38 |
MKU20719 |
MEKANIKA |
3 |
Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini S.Pd., M.M.Pd., M.Si |
Mekanika sistem banyak partikel:
a. Gerak sistem banyak partikel: momentum linier dan momentum sudut untuk sistem, kekekalan/kelestarian/konservasi momentum linear dan momentum sudut, gerak pusat massa, gaya total dan torka total, energi kinetik sistem, kerangka pusat massa.
b. Contoh-contoh: gerak roket, teori benturan (tumbukan), analisis tumbukan menggunakan kerangka pusat massa, masalah dua benda (hamburan dan sistem terikat).
c. Gerak benda tegar:
1. Rotasi murni (rotasi benda tegar dengan sumbu tetap): momen inersia, energi kinetik, aplikasi hukum ii newton untuk gerak rotasi, hukum kekekalan/kelestarian / konservasi momentum sudut
2. Gerak campuran (rotasi dan translasi benda tegar): momentum sudut, energi kinetik, tensor inersia, hukum kekekalan /kelestarian/ konservasi momentum sudut, contoh rotasi campuran: gerak planar (misal: gerak menggelinding), gerak giroskop (gasing, dll)
d. Kerangka acuan tak inersial: kerangka acuan dipercepat dan gaya inersial (gaya semu/fiktif), kerangka acuan berputar (percepatan sentrifugal dan percepatan coriolis), dinamika partikel dalam kerangka acuan berputar, dampak-dampak rotasi bumi (bandul foucault, angin pasat, perubahan iklim)
e. Perumusan lagrange dan perumusan hamilton: kendala, system koordinat umum, prinsip hamilton dan persamaan euler-lagrange, fungsi lagrange dan fungsi energi, momentum umum, persamaan hamilton dan ruang fase momentum.
f. Gerak dalam medan gaya terpusat: hukum kepler, persamaan irisan kerucut dalam koordinat polar, gaya terpusat dan kekekalan momentum sudut, penurunan persamaan gerak benda dalam potensial terpusat dalam tata koordinat polar, pencarian solusi persamaan gerak untuk potensial kepler (-k/r), energi potensial medan gravitasi
g. .konsep fluida, penggambaran euler dan penggambaran lagrange, konsep partikel dalam fluida, garis alir, garis lintasan, dan “streamline”, persamaan kontinyuitas fluida tak termampatkan,
h. Fluida ideal: persamaan euler, persamaan bernoulli, tekanan hidrostatika, rapat aliran energy, rapat aliran momentum, hukum konservasi sirkulasi, aliran potensial, drag force, Fluida kental (viskos): persamaan navier-stokes, dissipasi energy dan fluida tak termampatkan, gaya stokes, aliran fluida kental dalam pipa, bilangan reynold, persamaan dinamika dalam berbagai koordinat lengkung.
|
|
|
39 |
MKU20720 |
LISTRIK MAGNET |
3 |
Endah Kurnia Yuningsih, M.Pfis |
Elektromagnetik
a. Dasar eksperimen hukum coulomb, hukum coulomb, medan listrik statis partikel titik, medan listrik, statis distribusi muatan, rapat muatan,
b. Sumber medan listrik, potensial listrik, garis-garis gaya listrik statis, persamaan poisson dan persamaan laplace, dipol listrik,
c. Konduktor dan sifat-sifat listriknya, konde nsator dan kapasitansi,
d. Elektrostatika dalam bahan, arus listrik dan rapat arus listrik, persamaan kontinyuitas,
e. Dasar-dasar eksperimen magnet statis, induksi magnetik, gerak partikel bermuatan dalam medan magnet,
f. Persamaan medan magnet stasioner, potensial vektor, hukum faraday, dipol magnet, dan medan yang dihasilkannya,
g. Kemagnetan bahan, permeabilitas, magnet isasi, suseptibilitas,
h. Persamaan maxwell, gelombang elektroma gnetik, relativitas khusus, perumusan kovarian persamaan maxwell,
|
|
40 |
MKU20721 |
GELOMBANG OPTIK |
3 |
Diah Mulhayatiah, S.Si., M.Si
Winda Setya, S.Si., M.Sc
|
Rincian Topik
Gelombang :
a. Getaran linear: benda pada pegas, gerak harmonik sederhana, getaran teredam, getaran terpaksa, getaran tersambung
b. Gelombang: getaran selaras, superposisi getaran, gelombang bidang, gelombang selaras, persamaan gelombang dan penyelesaiannya, superposisi gelombang (interferensi dan difraksi), energetika gelombang, refleksi dan refraksi, gelombang stasioner, dispersi, gelombang mekanik: gelombang bunyi dalam padatan, cairan, dan gas gelombang bola dan silinder, gelombang elektromagnetik (pengantar), gelombang multidimensi, impedansi medium, kaitan dispersi, perambatan di perbatasan medium efek doppler
Optik :
a. Optika fisis:
interferometer pembelah muka gelombang, interferometer pembelah amplitudo, difraksi fresnell, difraksi frounthoufer, difraksi celah tunggal dan kisi difraksi.
b. Optika geometris: ,
prinsip fermat, prinsip huygen, pemantulan dan pembiasan pada alat-alat optik .
c. Polarisasi gelombang elektromagentik.
d. Perambatan cahaya dalam medium dan antar medium.
|
|
41 |
MKU20722 |
LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH LANJUTAN 2 |
3 |
Dr.Adam Malik, M.Pd |
Rincian Topik
a. Fungsi kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
b. Rancangan dan desain laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
c. Administrasi dan organisasi laboratoriu m fisika dan lembaga pendidikan
d. Kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium
e. Pengembangan kegiatan dan perangkat praktikum fisika
|
LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH LANJUTAN I |
42 |
MKU20723 |
FISIKA MODERN |
3 |
Endah Kurnia Yuningsih, M.Pfis
Winda Setya, S.Si., M.Sc
|
Fisika modern dan fisika kuantum
a. Teori relativitas: pengertian kerangka acuan inersial, postulat-postulat relativitas khusus, transformasi lorentz, gejala-gejala relativitas khusus: kontraksi panjang, dilatasi waktu, paradox kembar, relativitas khusus dan elektrodinamika, perumusan kovarian.
b. Latar belakang eksperimen: radiasi benda hitam, percobaan efek fotolistrik, efek compton, difraksi elektron (percobaan davisson-germer), model atom bohr, produksi pasangan
|
|
43 |
MKU20724 |
ILMU PENGETAHUAN BUMI ANTARIKSA (IPBA) |
3 |
Dr.Adam Malik, M.Pd |
Rincian Topik :
- Pendahuluan ( tata surya, planet bumi dan geosfer )
- Keluarga tata surya
- Alam semesta
- Bintang dan car pengamatannya
- Bumi dan perubahannya
- Atmosfer
- Hidrosfer
- Bencana alam
- Angin dan musim
- Gunung ,gempabumi dan bahan tambang
- Sungai danau dan laut
- Teori globe dan flat earth
|
|
44 |
MKL20721 |
Pilihan Bidang Keahlian 1
Elektronika Digital
|
2 |
Wahyu Handayani, MT.
Winda Setya, M.Sc
|
Rincian Topik :
- Pengantar Elektronika
- Sistem Bilangan dan Konversi Sistem Bilangan
- Rangkaian Logika Dasar dan Rangkaian Kombinasi Logika Dasar
- Penyederhanaan Persamaan Rangkaian Kombinasi dengan teorema Aljabar Boolean
- Penyederhanaan Persamaan Rangkaian Kombinasi dengan teorema Karnough Map
- Kombinasi Rangkaian Logika untuk operasi Aritmatika Adder dan Subtractor
- Dekorder,enkoder dan aplikasinya
- Multiplexer, demultiplexer dan aplikasinya
- Flip-flop RS dan aplikasinya
- Flip-flop JK dan aplikasinya
- Register dan aplikasinya
- Memori dan aplikasinya
|
|
|
|
|
Pilihan Bidang Keahlian 1
Dasar dasar Perbengkalan
|
|
Drs. Yudi Dirgantara M.Pd.
Dr.Adam Malik, M.Pd
|
Dasar-dasar perbengkalan seperti mengelas
Menerapkan apa yang di pelajari pada sebuah rak sepatu dan berbagai produk lainnya.
|
|
|
|
|
Pilihan Bidang Keahlian 1
Visualisasi Data dan Informasi
|
|
Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini S.Pd., M.M.Pd., M.Si |
Rincian Topik :
- Word
- Excel
- Ppt
- Corel draw
|
|
|
|
|
Pilihan Bidang Keahlian 1
Fisika Sumber Daya Alam Mineral
|
|
Dr H Chaerul Rochman M.Pd
Dindin Nasrudin M.Pd
|
Mempelajari sumber daya alam pada daerah masing, mempelajari konsep fisika apa saja yang terdapat pada sumber daya alam tersebut |
|
6 |
45 |
MKL20742 |
Pilihan Bidang Keahlian II
Elektronika Digital
|
2 |
Wahyu Handayani, MT.
Winda Setya, M.Sc
|
Elektronika terapan |
Pilihan Bidang Keahlian I
Elektronika Digital
|
|
|
|
Pilihan Bidang Keahlian II
Dasar dasar Perbengkalan
|
|
Drs. Yudi Dirgantara M.Pd.
Dr.Adam Malik, M.Pd
|
Melanjutkan kepada tahap ilmu yang lebih tinggi dan merupakan lanjutan dari peminatan perbengkelan sebelumnya. |
Pilihan Bidang Keahlian I
Dasar dasar Perbengkalan
|
|
|
|
Pilihan Bidang Keahlian II
Visualisasi Data dan Informasi
|
|
Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini S.Pd., M.M.Pd., M.Si |
Melanjutkan mata kuliah visualisasi data dan informasi dari visualisasi data dan informasi I |
Pilihan Bidang Keahlian I
Visualisasi Data dan Informasi
|
|
|
|
Pilihan Bidang Keahlian II
Fisika Sumber Daya Alam Mineral
|
|
Dr H Chaerul Rochman M.Pd
Dindin Nasrudin M.Pd
|
Melanjutkan mata kuliah Fisika Sumber Daya Alam Mineral dari Fisika Sumber Daya Alam Mineral I |
Pilihan Bidang Keahlian I
Fisika Sumber Daya Alam Mineral
|
|
46 |
MKU20725 |
FISIKA INTI |
3 |
Diah Mulhayatiah, S.Si., M.Si
|
Fisika inti
a. Struktur dan sifat-sifat inti atom: susunan inti, ukuran dan bentuk inti atom, momentum sudut dan momen magnet inti, gaya nuklir (interaksi antar nukleon dalam inti atom), kestabilan inti atom, energi ikat nuklir, rumus semi empirik weiszacker
b. radioaktivitas: besaran-besaran dasar radio aktivitas, peluruhan beruntun, keseimbangan radioaktif, radioaktivitas buatan.
c. jenis-jenis radiasi nuklir: peluruhan alpha, peluruhan beta, peluruhan gamma.
d. Reaksi nuklir: klasifikasi reaksi nuklir, mekanisme reaksi nuklir, kinematika reaksi nuklir, parameter reaksi nuklir.
e. Partikel elementer: interaksi muon, hadron, lapton, quark
|
|
47 |
MKU20726 |
FISIKA KUANTUM |
3 |
Diah Mulhayatiah, S.Si., M.Si
Pina Pitriana S.Si., M.Si
|
a. Mekanika gelombang: persamaan schrodinger, interpretasi fungsi gelombang, normalisasi gelombang, nilai eigen, fungsi eigen, degenerasi, operator dan harga ekspektasi.
b. Solusi persamaan schroedinger: partikel bebas, potensial tangga, sumur potensial, efek terobosan, osilator harmonik sederhana, atom hidrogen, momentum sudut
|
|
48 |
MKU20727 |
PENGETAHUAN LINGKUNGAN |
2 |
Dr H Chaerul Rochman M.Pd
|
Membuat paper tentang
- Sumber daya alam
- Energi baru terbarukan
- Mitigasi bencana
|
|
49 |
MKU20728 |
FISIKA KOMPUTASI |
3 |
|
Rincian Topik :
a. Analisis error akibat pembulatan dan pemotongan dalam penyimpanan dan pengolahan data
b. Pengenalan karakter bilangan desimal, biner, dan floating point
c. Menghitung akar persamaan polinomial: metode Brakect dan metode open
d. Solusi persamaan linier
e. Solusi persamaan diferensial
|
|
50 |
MKU20729 |
MIKRO TEACHING |
2 |
-Drs. Yudi Dirgantara, M.Pd
-Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
-Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini S.Pd., M.M.Pd., M.Si
-Dr H Chaerul Rochman M.Pd
– Endah Kurnia Yuningsih, M.Pfis
– Dr.Adam Malik, M.Pd
|
Peer teaching dan real teaching
|
|
51 |
MKU20730 |
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN FISIKA |
3 |
-Drs. Yudi Dirgantara, M.Pd
-Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
-Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini S.Pd., M.M.Pd., M.Si
-Dr H Chaerul Rochman M.Pd
– Endah Kurnia Yuningsih, M.Pfis
-Dr.Adam Malik, M.Pd
|
a. Hakikat penelitian pendidikan fisika.
b. Ragam metode penelitian dalam pendidikan fisika :
penelitian eksperimen, ptk, dan r & d.
c. Isu dan identifikasi permasalahan pendidikan dan pembelajaran fisika.
d. Penulisan proposal penelitiam pendidikan fisika sesuai rancangan penelitian.
|
|
52 |
MKU20731 |
SEJARAH FISIKA |
2 |
Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
|
Rincian Topik :
- Deskripsi sejarah fisika
- Asal usul perkembangan fisika yang tercatat sejarah
- Perkembangan fisika pada masa pra sains
- Sumbangan islam terhadap perkembangan fisika
- Perkembangan metode eksperiment dalam fisika pada masa fisika klasik
- Perkembangan fisika pada akhir abab ke-19 dan perkembangan fisika modern
- Perkembangan filsafat dan sains pada abad ke-20
- Sumbangan Cina dan India terhadap Perkembangan Fisika
- Sumbangan Jepang dan Indonesia terhadap Perkembangan Fisika
- Perkembangan mekanika pada tiap periode dan perkembangan ilmu panas pada tiap periode
- Perkembangan optika dan listrik magnet pada tiap periode
- Perkembangan sains kebumian dan astronomi pada tiap periode
- Mengenal kehidupan Galileo Galilei dan kehidupan Issac Newton
- Mengenal kehidupan Albert Einsten dan mengenal kehidupan ilmuan islam penyumbang penting perkembangan Fisika
|
|
7 |
53 |
FTK20008 |
Praktik Profesi/ PPL |
3 |
|
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengemb -angan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
|
|
|
54 |
MKL20701 |
Pilihan Bahasa |
3 |
|
– |
|
55 |
MKL20743 |
Pilihan Bidang Keahlian 3 |
2 |
|
– |
|
56 |
MKU20732 |
FISIKA ZAT PADAT |
3 |
Drs. Dedi Kuntadi M.Pd.
Pina Pitriana S.Si., M.Si
|
Fisika zat padat
a. Struktur kristal:simetri dan struktur kristal, difraksi kisi kristal, ikatan atomik dalam kristal.
b. Dinamika kisi kristal: getaran dalam zat padat, kapasitas panas zat padat, getaran kisi.
c. Model elektron bebas: model elektron bebas klasik, model elektron bebas terkuantisasi, perilaku elektron dalam logam, keberatan terhadap model elektron bebas.
d. Teori pita energi: teori pita energi, metode lcao, dinamika elektron dalam logam .
e. Semikonduktor: klasifikasi semikonduktor berdasarkan golongan dalam sistem periodik unsur, semikonduktor intrinsik dan ekstrinsik
f. Bahan dielektrik: pandangan makroskopis dan mikroskopis, gejala dielektrik, dan (8) bahan magnetik: suseptibilitas magnetik, gejala magnetik.
|
|
57 |
MKU20733 |
FISIKA STATISTIK |
3 |
Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini S.Pd., M.M.Pd., M.Si |
Rincian Topik :
- Pendahuluan fisika statistik
- Tinjauan singkat termodinamika
- Karakteristik sistem makroskopik
- Pengantar metode statistik
- Deskripsi statistik sistem partikel
- Ensembel dan sistem interaktif I
- Ensembel dan sistem interaktif II
- Tingkat energi dan keadaaan energi, keadaan makro dan mikro dan peluang termodinamika
- Fungsi distribusi Maxwell-Boltzmann
- Entropi dalam mekanika statistik
- Fungsi distribusi Bose-Einsten
- Asas Ekipartisi Energi
- Radiasi benda hitam
- Fungsi distribusi Fermi-Dirac
- Gas elektron dalam logam
|
|
58 |
MKU20734 |
SEMINAR PENDIDIKAN FISIKA |
2 |
Dr H Chaerul Rochman M.Pd
Dindin Nasrudin M.Pd
|
-Merancang proposal penelitian pendidikan fisika
-Teknik presentasi proposal penelitian
a. Penulisan laporan penelitian pendidikan fisika sesuai rancangan penelitian
b. Presentasi laporan penelitian
c. Penulisan dan publikasi artikel hasil penelitian pendidikan fisika.
|
|
59 |
MKU20735 |
KKN |
2 |
|
– |
|
60 |
MKP20703 |
Kewirausahaan |
2 |
|
– |
|
8 |
61 |
MKU20726 |
Skripsi |
6 |
|
– |
|
|
TOTAL SKS |
|
150
|
|
|
TOTAL MATA KULIAH |
|
61 |
|
|