VISI MISI dan TUJUAN PRODI PENDIDIKAN FISIKA

Visi Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung:

Menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang Unggul, Kompetitif dan Profesional di Indonesia pada Tahun 2025.

Penjelasan visi:

  1. Unggul, yang dimaksud unggul adalah adanya muatan-muatan keislaman yang tersebar dalam mata kuliah, kekhasan strategi pembelajaran, tema riset dan PKM, serta adanya syarat kelulusan praktik ibadah, praktik tilawah, tahsin, dan tahfidz.
  2. Kompetitif, yang dimaksud kompetitif adalah penguasaan bahasa arab dan inggris, adanya kolaborasi riset dosen dan mahasiswa, pendaftaran HKI, dan buku ber-ISBN.
  3. Profesional, yang dimaksud dengan profesional adalah profesional dalam layanan perkuliahan, baik prodi maupun dosen yang memfasilitasi sikap profesionalisme calon guru.

            Visi prodi di atas merupakan turunan dari visi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Terwujudnya fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung yang Unggul, Kompetitif, Profesional, dan Populis di Indonesia pada tahun 2019.

            Visi dan misi prodi dan fakultas merupakan turunan visi UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Menjadi Universitas Islam Negeri yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di ASEAN tahun 2025.

Misi Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran fisika yang berkualitas untuk meningkatkan kompetensi professional dan kompetensi pedagogik lulusan.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran fisika untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran fisika untuk melatih dan mengaktualisasikan potensi dan  kompetensi sosial lulusan.
  4. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang islami, ilmiah, dan berkarakter untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian yang bertaqwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  5. Mengembangkan budaya akademik yang inovatif, adaptif, dan responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Tujuan Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

  1. Menghasilkan lulusan profesional di bidang pendidikan fisika
  2. Menghasilkan karya ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran fisika untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
  3. Mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan dalam bidang pendidikan dan pengajaran fisika melalui pengabdian pada masyarakat.

Memperluas jejaring dan kemitraan melalui kerjasama dengan lembaga lain, baik nasional, regional maupun internasional.