Laboratorium Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Open Recruitment Asisten Laboratorium 2024 pada hari Sabtu, 28 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 11 mahasiswa yang antusias untuk mengabdikan diri sebagai Asisten Lab Pendidikan Fisika.
Para peserta menjalani proses seleksi yang ketat, diawali dengan wawancara umum oleh Ibu Rena Denya Agustina, M.Si. (Ketua Lab) dan Ibu Seni Susanti, S.Si., M.M. (Laboran). Wawancara ini bertujuan untuk menggali motivasi, minat, dan kemampuan interpersonal para peserta.
Selanjutnya, para peserta diuji kemampuannya dalam memahami konsep Fisika. Ujian ini penting untuk memastikan bahwa para peserta memiliki dasar ilmu yang kuat untuk membantu praktikum di Laboratorium Pendidikan Fisika.
Ujian Praktis Pengoperasian Alat Lab
Bagian menarik dari Open Recruitment ini adalah Uji Alat. Para peserta dihadapkan pada beberapa alat laboratorium yang umum digunakan, seperti Alat Optik, Neraca Pegas, Jangka Sorong, Mikrometer Secrup, dan Rangkaian Listrik. Di sini, mereka diuji kemampuannya dalam mengoperasikan dan menjelaskan fungsi alat-alat tersebut.
Asisten Lab sebelumnya bertugas sebagai penguji alat, memberikan panduan dan penilaian kepada para peserta. Uji Alat ini menjadi tolok ukur penting untuk menilai kesiapan dan keterampilan teknis para peserta.
Proses seleksi yang komprehensif ini diharapkan dapat menghasilkan Asisten Lab yang kompeten dan berdedikasi untuk mendukung praktikum di Laboratorium Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kontribusi Asisten Lab bagi Kualitas Praktikum
Asisten Lab memainkan peran penting dalam menunjang kelancaran dan kualitas praktikum di laboratorium. Mereka membantu dosen dalam menyiapkan alat dan bahan praktikum, membimbing mahasiswa dalam melakukan percobaan, serta membantu menganalisis data hasil praktikum.
Dengan memiliki Asisten Lab yang berkualitas, diharapkan praktikum di Laboratorium Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat berjalan lebih efektif dan efisien, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pembelajaran yang lebih optimal.