Sejarah

SEJARAH PENDIDIKAN FISIKA

Kebutuhan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang kehidupan mendorong tumbuhnya ilmu pengetahuan dan penelitian yang mendukung orientasi pengembangan di segala aspek kehidupan. Peran utama dalam memenuhi tugas tersebut adalah perguruan tinggi melalui penyelenggaraan tiga dharma perguruan tinggi. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung sebagai perguruan tinggi,  juga bertanggung jawab untuk turut berperan aktif  dalam  kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terus berkembang pesat dan dinamis dalam berbagai aspek kehidupan, antara lain ideologi, kemasyarakatan, politik, ekonomi, dan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan hidup, energi dan pangan pada tingkat lokal, nasional dan internasional.

 

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menawarkan berbagai program pendidikan umum untuk mendorong penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pedagogik, termasuk Program Studi Pendidikan Fisika di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Program Studi Pendidikan Fisika tahap awal mempunyai izin penyelenggaraan yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor E/114/1998 tanggal 22 Mei 1998 tentang Penyelenggaraan Jurusan Sastra Inggris pada Fakultas Adab, Jurusan Ilmu Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat pada Fakultas Dakwah, Jurusan Hukum (Positip) pada Fakultas Syari’ah, Jurusan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA Bidang Studi Fisika, Biologi dan Kimia, serta Psikologi pada Fakultas Tarbiyah, Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi pada Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Kemudian diperpanjang berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. DJ.I/385/2008 tanggal 27 Oktober 2008 tentang Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Kemudian izin operasional Prodi Pendidikan Fisika diperpanjang berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 561 Tahun 2012 tanggal 15 Mei 2012 tentang Izin Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2012.

 

Program Studi Pendidikan Fisika mengadakan akreditasi prodi pada tahun 2010 dengan memperoleh predikat C sesuai dengan SK BAN-PT nomor: 032/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010. Program Studi Pendidikan Fisika mengalami peningkatan kualitas penyelenggaran prodi pada tahun 2015. Berdasarkan surat keputusan BAN-PT Nomor 1122/SK/BAN-PT/Akre/S/X/2015, Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung mendapatkan hasil akreditasi dengan predikat B. Kemudian pada tahun 2020, Program Studi Pendidikan Fisika mengadakan kembali akreditasi dengan memperoleh predikat B. Hal ini didasarkan pada surat keputusan BAN-PT Nomor: 7164/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 yang berlaku mulai tanggal 10 November 2020 sampai dengan tanggal 10 November 2025.

Berdasarkan perkembangan kemajuan prodi dan menindaklanjuti Surat Plt. Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 0091/E.E3/DT.03.09/2023 Tanggal 13 Februari 2023 Perihal Pendirian Program Studi di Perguruan Tinggi Keagamaan, maka izin operasional Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung perlu diubah dari Kementerian Agama ke Kemendikbud Ristek.

Layanan Prodi

Memiliki pertanyaan terkait Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung? Hubungi Admin Jurusan